Minggu, 28 September 2014

PERLUKAH TES PRESTASI?

PERLUKAH TES PRESTASI?

Tes prestasi sangat diperlukan, khususnya di dunia pendidikan mengingat bahwasanya untuk melihat hasil dari proses pembelajaran yang telah diberikan guru, sekolah ataupun lembaga kependidikan kepada anak didiknya. Setelah tes diberikan dan hasilnya keluar, nantinya para pendidik dapat melihat sejauh mana anak didiknya telah paham dengan materi-materi yang selama ini didapatkan, atau secara tidak langsung tes dapat di gunakan untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan pendidikan dari waktu ke waktu, jika nantinya ada hasil yang tidak mempuaskan, para pendidik bisa mencari solusi untuk anak tersebut, misalnya dengan menambahkan materi pelajaran yang ada atau mungkin mengubah metode dan model pembelajaran yang lebih kreatif agar para anak didik dapat memahami lebih jauh setiap materi yang di ajarkan.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pengukuran tes prestasi belajar dapat dibagi dua tipe yaitu :
·         pengukuran yang menggunakan tes yang dibuat guru
·         pengukuran yang menggunakan tes standar


Bentuk tes yang dibuat guru tentunya akan berbeda dengan bentuk tes standar. Bentuk tes yang dibuat guru bisa sangat bervariasi, misalnya tes tertulis, tes lisan, tes kinerja, sikap dan pengukurannya lebih menekankan untuk mendapatkan informasi proses pembelajaran siswa dari hari ke hari. Sedangkan bentuk tes standar, soal dan penskorannya harus lebih objektif dan mudah dilakukan sehingga pada umumnya hanya menggunakan satu jenis penilaian saja yaitu tes tertulis, Khususnya bentuk soal pilihan ganda. Hal ini disebabkan tes standar digunakan untuk keperluan yang lebih luas dan umum, misalnya tes untuk bisa masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, tes untuk melihat daya serap siswa, tes pemantauan mutu siswa, dsb. Tes standar adalah tes dimana soal-soalnya sudah mengalami proses analisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. 


Shella Anzani
Reguler 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar